CENTER DECK GIRDER HALUAN Date: April 6, 2016 Author: berlianarswendokonstruksikapal1 0 Comments Ary Ramadhan 21090112140014 CENTER DECK GIRDER HALUAN Geladak Kapal Nama geladak tergantung dari banyaknya geladak yang ada dikapal tersebut. Pada umumnya geladak yang berada dibawah sendiri dinamakan geladak dasar serta geladak yang di atas dinamakan geladak atas atau geladak utama ( main deck ) Bila antara geladak dasar dan geladak atas terdapat geladak lagi, maka geladak tersebut dinamakan geladak antara. Selain dibagi secara melintang oleh dinding kedap air, maka lambung kapal juga dibagi secara mendatar oleh geladak. Jumlah geladak tergantung pada ukuran kapal. Geladak dikapal dagang diberi nama tertentu, sedangkan pada kapal perang geladak diberi nama dengan huruf besar. Geladak utama (main deek) ialah geladak yang dipasang mulai dari buritan sampai haluan dengan tidak terputus-putus. Geladak utama ini adalah geladak yang paling penting dan diberi tanda dengan huruf H. Geladak dibawah geladak utama diberi tanda berurut kebawah dengan huruf J.K.L.M. dan seterusnya (huruf I dan O tidak digunakan) geladak diatas geladak utama diberi tanda berturut-turut keatas dengan huruf G.F.E.D. dan seterusnya. Gunanya geladak dibuat melengkung keatas ialah memperkuat kontruksi dan supaya bila ada air diatas geladak dapat mudah mengalir ketepi untuk mempercepat pembuangan. Plat geladak secara melintang ditumpu oleh balok geladak (deck beam) dari secara memanjang ditumpu oleh penguat geladak memanjang (deck ginder). Balok geladak dan deck ginder ini dibuat dari bahan yang sama dengan gading-gading. KONSTRUKSI HALUAN Haluan sebuah kapal merupakan bagian yang paling besar mendapat tekanan dan tegangan-tegangan, sebagai akibat terjangan kapal terhadap air dan pukulan-pukulan ombak. Untuk mengatasi tegangan-tegangan tersebut, konstruksi haluan sebuah kapal harus dibangun cukup kuat dengan jalan : Di depan sekat pelanggaran bagian bawah, dipasang wrangwrang terbuka yang cukup tinggi yang diperkuat dengan perkuatan-perkuatan melintang dan balok-balok geladak Wrang-wrang dipasang membentang dari sisi yang satu ke sisi lainnya, dimana bagian atasnya diperkuat lagi dengan sebuah flens. Pada bagian tengah-tengah wrang secara membujur dipasang penguat tengah (center girder) yang berhenti pada jarak beberapa gading linggi depan. Pada bagian di depannya, kulit kapal menjadi sedemikian sempitnya hingga tidak perlu dipasang penguat tengah lagi. Gading-gading pada haluan, biasanya jaraknya lebih rapat satu sama lain. Pada jarak lebih 15 % panjang kapal terhitung dari linggi depan, gading-gading pada bagian bawah (deep framing) diperkuat, ( 20 % lebih kua) kelingannya lebih rapat, jugat pelat lutut antara gading gading dengan kulit kapal dipertebal. Lajur-lajur di dekat lunas, pelatnya dipertebal. Center Deck Girder Penumpu tengah adalah pelat atau profil yang dipasang vertikal memanjang kapal tepat pada center line. Dalam alas ganda tinggi penumpu tengah ini merupakan tinggi alas ganda. Tinggi penumpu tengah tidak kurang dari hdb. hmin adalah 600 mm. .Pada dasarnya center deck girder adalah profil penguat pada geladak bangunan atas suatu kapal. Biasanya center deck girder memiliki bentuk profil berbentuk T dan menopang langsung plat dek geladak kapal. center deck girder bersinggungantidak langsung dengan profil Main Frame pada sisi kapal, dan adapun Main Frame itu sendiri menopang plat sisi geladak kapal. Adapun Profil center deck girder yang terdapat pada bagian haluan kapal biasanya terdapat pada bagian Forecastle deck pada kapal. Advertisements Share this: TwitterFacebookGoogle Published by berlianarswendokonstruksikapal1 View all posts by berlianarswendokonstruksikapal1 Post navigation PREVIOUS Previous post:WEB STIFFENER NEXT Next post:CRANE LEAVE A REPLY Enter your comment here... Search for: Search Search SIDEBAR 1 TEXT WIDGET This is a text widget. The Text Widget allows you to add text or HTML to your sidebar. You can use a text widget to display text, links, images, HTML, or a combination of these. Edit them in the Widget section of the Customizer. OUR LOCATION 1-4 Langley Court London WC2E 9JY United Kingdom +4420 7430 2696

Geladak Kapal
Nama geladak tergantung dari banyaknya geladak yang ada dikapal tersebut. Pada umumnya geladak yang berada dibawah sendiri dinamakan geladak dasar serta geladak yang di atas dinamakan geladak atas atau geladak utama ( main deck ) Bila antara geladak dasar dan geladak atas terdapat geladak lagi, maka geladak tersebut dinamakan geladak antara.
Selain dibagi secara melintang oleh dinding kedap air, maka lambung kapal juga dibagi secara mendatar oleh geladak. Jumlah geladak tergantung pada ukuran kapal. Geladak dikapal dagang diberi nama tertentu, sedangkan pada kapal perang geladak diberi nama dengan huruf besar. Geladak utama (main deek) ialah geladak yang dipasang mulai dari buritan sampai haluan dengan tidak terputus-putus. Geladak utama ini adalah geladak yang paling penting dan diberi tanda dengan huruf H. Geladak dibawah geladak utama diberi tanda berurut kebawah dengan huruf J.K.L.M. dan seterusnya (huruf I dan O tidak digunakan) geladak diatas geladak utama diberi tanda berturut-turut keatas dengan huruf G.F.E.D. dan seterusnya. Gunanya geladak dibuat melengkung keatas ialah memperkuat kontruksi dan supaya bila ada air diatas geladak dapat mudah mengalir ketepi untuk mempercepat pembuangan. Plat geladak secara melintang ditumpu oleh balok geladak (deck beam) dari secara memanjang ditumpu oleh penguat geladak memanjang (deck ginder). Balok geladak dan deck ginder ini dibuat dari bahan yang sama dengan gading-gading.
KONSTRUKSI HALUAN
Haluan sebuah kapal merupakan bagian yang paling besar mendapat tekanan dan tegangan-tegangan, sebagai akibat terjangan kapal terhadap air dan pukulan-pukulan ombak. Untuk mengatasi tegangan-tegangan tersebut, konstruksi haluan sebuah kapal harus dibangun cukup kuat dengan jalan :

  1. Di depan sekat pelanggaran bagian bawah, dipasang wrangwrang terbuka yang cukup tinggi yang diperkuat dengan perkuatan-perkuatan melintang dan balok-balok geladak
  1. Wrang-wrang dipasang membentang dari sisi yang satu ke sisi lainnya, dimana bagian atasnya diperkuat lagi dengan sebuah flens. Pada bagian tengah-tengah wrang secara membujur dipasang penguat tengah (center girder) yang berhenti pada jarak beberapa gading linggi depan.
  2. Pada bagian di depannya, kulit kapal menjadi sedemikian sempitnya hingga tidak perlu dipasang penguat tengah lagi.
  3. Gading-gading pada haluan, biasanya jaraknya lebih rapat satu sama lain. Pada jarak lebih 15 % panjang kapal terhitung dari linggi depan, gading-gading pada bagian bawah (deep framing) diperkuat, ( 20 % lebih kua) kelingannya lebih rapat, jugat pelat lutut antara gading gading dengan kulit kapal dipertebal. Lajur-lajur di dekat lunas, pelatnya dipertebal.

Center Deck Girder
Penumpu tengah adalah pelat atau profil yang dipasang vertikal memanjang kapal tepat pada center line. Dalam alas ganda tinggi penumpu tengah ini merupakan tinggi alas ganda. Tinggi penumpu tengah tidak kurang dari hdb. hmin adalah 600 mm. .Pada dasarnya center deck girder adalah profil penguat pada geladak bangunan atas suatu kapal. Biasanya center deck girder memiliki bentuk profil berbentuk T dan menopang langsung plat dek geladak kapal. center deck girder bersinggungantidak  langsung dengan profil Main Frame pada sisi kapal, dan adapun Main Frame itu sendiri menopang plat sisi geladak kapal. Adapun Profil center deck girder yang terdapat pada bagian haluan kapal biasanya terdapat pada bagian Forecastle deck pada kapal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strong Beam

Wrang – wrang (floors)

Wash Plate in Ship (Forepeak)