SOLID FLOOR DI HALUAN

  1. WrangKapal
    wrang kapal Merupakan bagian konstruksi kapal yang menggunakan konstruksi alas ganda (double bottom) berupa pelat yang melintang sepanjang lebarkapal. Ada tiga jenis wrang kapal yaitu wrang pelat (solid floor), wrang terbuka (open floor), dan water tight floor. Wrang sangat berguna dalam menambah kekuatan melintang kapal. saya akan menjelaskan mengenai solid floor dibagian haluan kapal beserta komponen-komponen pendukung didalamnya,yaitu :
  2. Solid floorkapal merupakan bagian konstruksi double bottom padakapal yang berupa pelat melintang sepanjang lebar kapal, yang berfungsi sebagai salah satu penguat konstruksi pada kapal dan khususnya sebagai tempat air ballast.pada solid floor terdapat 2 lubang, yaitu man hole dan Lubang pembebasan kapal.
a.Lubang Manusia (Man Hole kapal)
man hole kapal merupakan elemen konstruksi kapal yang banyak dijumpai pada jenis wrang pelat (solid floor). Pemasangan man hole atau lubang manusia pada alas ganda berguna untuk tempat jalannya pekerja pada waktu pengelasan dan pemeriksaan alas kapal. Bentuk man hole adalah bulat atau lonjong dan dibuat secukupnya agar orang bisa masuk dan keluar lewat man hole kapal.

  1. Lubang Pembebasan kapal
    Merupakan elemen konstruksi kapal yang banyak dijumpai pada kapal yang memiliki konstruksi alas ganda dan jenis wrang terbuka. Lubang pembebasan yang berbentuk lingkaran berfungsi sebagai peringan pada konstruksi dasar ganda.
yang mana khusunya pada bagian haluan tidak semua stasion di haluan harus menggunakanya dikarnakan ukuranya tidak memenuhi akibat kecilnya lebar pada bagian haluan kapal.




Pada solid floor terdapat beberapa komponen lainya yang mendukung kekuatan pada kapal, yaitu:
 Bracket kapal
Bracket kapal yaitu Konstruksi kapal yang Merupakan pelatsiku yang berfungsi sebagai penguat sambungan antara dua elemen konstruksi, misalnya digunakan pada sambungan antara balok geladak dengan gading besar (web Frame) atau dengan gading utama (main  Frame).

Gambar  : bracket

PelatKulitkapal
Terletak pada  bagian terluar kapal yang membungkus gading-gading dimana berfungsi:
a. Melindungi ruangan-ruangan kapal dari air laut.
b. Menahan tekanan air laut yang tegak lurus lambung kapal
c. Menahan gaya-gaya lengkungan dan puntiran yang timbul dalam pelayaran
d. Menahan beban-beban setepat, antara lain : pada waktu peluncuran kapal, benturan-benturan dengan kapal lain, dan pukulan ombak di haluan kapal.
 Lunas kapal
Lunas kapal ialah balok memanjang di dasar kapal yang terletak pada bidang memanjang kapal, antara linggi haluan dan linggi buritan sepanjang kapal. Lunas merupakan bagian konstruksi terpenting pada suatu kapal, bersama-sama dengan lunas dalam pelat antar lunas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strong Beam

Wrang – wrang (floors)

Wash Plate in Ship (Forepeak)